2 years ago, Posted by: saiensu

PIC dalam Perusahaan

Kegiatan di dalam sebuah aktivitas perkantoran atau perusahaan tentu bermacam-macam serta semuanya mampu dimulai yang dengannya istilah tertentu. Misalnya, pertemuan rutin ataupun sifatnya tiba-tiba dari divisi tertentu di dalam sebuah perusahaan untuk membahas suatu masalah memiliki istilah briefing atau meeting. Ada satu istilah lagi yang sepertinya perlu Anda ketahui, yakni PIC. Memang kelihatannya tak begitu akrab didengar lantaran mungkin tak tidak sedikit orang menyebutkannya. Meski demikian, orang-orang yang mempunyai posisi ataupun kedudukan tertentu di dalam sebuah perusahaan akan mengetahuinya. Pasalnya, istilah ini memanglah bertujuan untuk menunjukan siapa personal ataupun orang yang bertanggung jawab dalam menangani suatu tugas tertentu di sebuah kantor. Lalu, apa sebetulnya pengertian PIC yang butuh diketahui? Berikut penjelasannya.

PIC atau Person In Charge adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan siapa orang yang bertangung jawab menangani hal tertentu di dalam kantor. PIC diberikan oleh atasan, semisal manajer ataupun kepala divisi untuk bawahannya yang dianggap berkompeten dalam menangani tugas yang telah di sebutkan. Tugas yang dimaksud sifatnya mampu jangka panjang ataupun jangka pendek. Dalam waktu tertentu, orang yang diberikan tanggung jawab di PIC Perlu membuat laporan kepada atasannya terkait perkembangan tugas yang diembannya. Karena itu, posisi PIC ini penting dalam kegiatan administrasi perusahaan.

Contohnya, seorang Kepala Divisi Marketing ataupun Pemasaran memberikan PIC kepada dua koordinator tim marketing untuk melakukan sebuah tugas khusus. Tugas yang telah di sebutkan berkaitan yang dengannya pemasaran produk terbaru yang akan segera dirilis secara resmi. Jadi, kedua koordinator yang telah di sebutkan diberikan tugas untuk mengkondisikan agar masyarakat luas makin penasaran yang dengannya produk terbaru itu. Berbagai cara bisa di lakukan baik di dunia nyata maupun dunia maya. 

Dalam prosesnya, koordinator marketing pun mempunyai beberapa anak buah yang diberikan tugas semisal yang diperintahkan oleh kepala divisi. Mereka adalah karyawan kecil, menjadikan mau tak mau Perlu melakukan tugas di lapangan langsung sesuai yang diperintahkan. Setiap seminggu sekali, seluruh anggota tim marketing berkumpul untuk mengevaluasi serta melakukan perencanaan selanjutnya. Hasil dari evaluasi mingguan yang telah di sebutkan pun akan dilaporkan kepada kepala divisi oleh koordinator marketing. 

Seorang PIC menjadi sosok penyelamat dalam kegiatan perusahaan. Tidak heran, banyak juga orang yang ingin menduduki posisi PIC. Akan tetapi, posisi yang penting membutuhkan tanggung jawab ekstra. Artinya orang yang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
PIC tersebut dapat menjalankan tugas langsung sebagai ketua atau koordinator suatu pekerjaan ataupun mendelegasikan kepada orang lain tanpa melepaskan diri dari tanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

Banyak juga orang yang ingin menduduki posisi PIC dalam perusahaan karena posisi PIC ini penting dalam kegiatan administrasi perusahaan. PIC adalah istilah yang digunakan untuk orang yang bertanggung jawab menangani hal-hal tertentu, namun perlu diperhatikan syarat seseorang yang layak mendapat posisi sebagai PIC secara umum yaitu: 

  1. Harus memiliki keahlian tertentu. Ia digaji untuk menangani suatu hal yang penting dalam aktivitas perusahaan. 
  2. Seorang PIC menjadi sosok penyelamat dalam kegiatan perusahaan. 
  3. Memiliki Tanggung jawab ekstra, seorang PIC dalam perusahaan memiliki tanggung jawab moral atas keahliannya.  
  4. Memiliki kekuatan mental, orang yang mudah stres karena tekanan kerja tidak dianjurkan menduduki posisi sebagai PIC dalam sebuah perusahaan. 

Syarat tersebut di atas harus dimiliki seorang PIC, bila tidak maka bisa jadi posisi tersebut justru mengurangi kinerjanya dalam perusahaan.

Demikianlah pengertian PIC dalam perusahaan beserta tugas dan contohnya. Semoga bermanfaat!


Post Views: 54101


Leave a comment

Comments

undossy

<a href=http://vslevitrav.com/>orderviagra levitra

5 months ago
Reply

Ayub

Banyak tulisan yang gak selesai.. Kepotong dan bikin baca nya gantung :v

1 year ago
Reply

Esports News

I want to know you better, how can I contact you? Can I make leadership content for you ...

1 year ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved