April 23, 2024

Pada Kamis, 6 April 2023, 3 mahasiswa asing dari KTH Royal Institute of Technology melakukan studi lapangan terkait sistem pendidikan, pemerataan pendidikan untuk para siswa inklusif dan pengelolaan konsumsi air dan penggunaan air bersih di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Klampis Ngasem I Surabaya. Tanya jawab dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibantu oleh perwakilan mahasiswa Duta Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan mahasiswa Teknik Lingkungan FST Universitas Airlangga (UNAIR).

Beberapa paparan dari narasumber yaitu para guru di SDN Klampis Ngasem I yaitu, beberapa rutinitas murid di SDN Klampis Ngasem I dan pengelolaan konsumsi air dan penggunaan air bersih. Para murid dibiasakan membawa botol minum (tumbler) sendiri untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Penggunaan air keran hanya untuk keperluan mencuci dan juga ibadah (wudhu).

Paparan selanjutnya beberapa pencapaian dari sekolah tersebut yang menjadi trendsetter sekaligus contoh dari sekolah lainnya yaitu menjadi sekolah pertama di Indonesia yang mencetuskan sekolah dengan kelas inklusif dan menyediakan ruang dengan peralatan treatment untuk para murid inklusif. Dari pencapaian sekolah tersebut sangat menunjang pemerataan pendidikan khususnya untuk para siswa inklusif sehingga menunjang cita-cita bangsa indonesia.

source
https://unair.ac.id