April 23, 2024

Surabaya, 20 Juni 2023 – Sebanyak 20 mahasiswa dari Mahidol University, Thailand, mengadakan kunjungan ke Kebun Raya Purwodadi dan Arboretum Sumber Brantas di Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para mahasiswa akan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati dan pelestarian tumbuhan. Selain itu, kunjungan ini juga memberikan pengalaman langsung dalam mempelajari berbagai jenis tumbuhan dan habitatnya.

Dalam kunjungan ini, peserta didampingi oleh 3 dosen Fakultas Sains dan Teknologi,  5 mahasiswa Duta Faculty of Science and Technology (FST)  dan 1 narasumber dari Kebun Raya Purwodadi. Narasumber memberikan materi tentang pentingnya pelestarian keanekaragaman jenis tumbuhan dan peran kebun raya dalam konservasi spesies langka, endemik, dan terancam punah. Selain itu, mereka juga mendapatkan edukasi tentang botani dan manfaat tanaman dalam kehidupan sehari-hari, termasuk sebagai sumber pangan, obat-obatan, dan bahan bangunan.

Peserta diajak berkeliling menggunakan bis khusus yang memungkinkan mereka untuk lebih jauh mengeksplorasi area kebun raya yang luas. Para peserta merasakan kenyamanan dan keseruan berkeliling sambil memperhatikan berbagai jenis tumbuhan langka dan endemik yang dijaga dengan baik di kebun raya tersebut.

Setelah makan siang di Cafe Kangen Kaneng Sawiran yang bernuansa alam, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Arboretum Sumber Brantas. Di lokasi ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih dalam tentang pentingnya kawasan mata air Sumber Brantas sebagai daerah suaka alam dan titik nol Sungai Brantas. “Nama Arboretum Sumber Brantas telah diberikan oleh Menteri Kehutanan RI pada tahun 1989, dan kawasan ini ditetapkan sebagai daerah suaka alam dalam wilayah tata pengairan Sungai Brantas. Kunjungan ke Arboretum Sumber Brantas menunjukkan pentingnya menjaga sumber mata air sebagai bagian dari tanggung jawab bersama untuk keberlangsungan hidup anak cucu mendatang,” jelas narasumber dari kegiatan tersebut.

Kunjungan ke Arboretum Sumber Brantas memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang upaya konservasi dan pengelolaan lingkungan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya air dan menghindari perubahan tata lahan yang dapat mengurangi daerah resapan air. selai itu kunjungan ini juga menyoroti pentingnya pelestarian lahan dan lingkungan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem. Para peserta diajak untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan, menjaga flora dan fauna di sekitar mereka, serta menghargai keindahan alam.

Poin SDG yang terkait dengan kegiatan ini adalah Poin SDGs ke 15 yaitu Life on Land, yang mendukung upaya pelestarian keanekaragaman jenis tumbuhan di Kebun Raya Purwodadi dan Arboretum Sumber Brantas. Selain itu, kunjungan ini juga berkontribusi pada Poin SDGs ke  12 yaitu Responsible Consumption and Production dengan edukasi mengenai pemanfaatan tanaman secara berkelanjutan. Dengan kunjungan ini, diharapkan para peserta dapat memperkaya pengetahuan dan kesadaran mereka tentang pentingnya pelestarian alam, keanekaragaman hayati, dan upaya konservasi tumbuhan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di masa depan.

source
https://unair.ac.id