April 23, 2024

Pada Rabu, 5 April 2023, 3 mahasiswa asing dari KTH Royal Institute of Technology melakukan studi lapangan terkait keunikan dari arsitektur bangunan serta penanganan limbah di Pondok Pesantren Al Kaukabudduri (Pondok Soksok). Tanya jawab dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibantu oleh perwakilan mahasiswa Duta Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan mahasiswa Teknik Lingkungan FST Universitas Airlangga (UNAIR).

Beberapa paparan dari narasumber yaitu Konsultan Arsitektur Design dan Interior Duha Karya Sejahtera dari Pondok Pesantren tersebut yaitu keunikan dari bangunan pondok diantaranya yaitu bangunan dibangun menurut kaidah muslim, dimana seluruh gedung bangunan harus menghadap/berpusat ke masjid. Selanjutnya yaitu, tidak ada jendela yang bisa dilihat dari seberang asrama berlainan jenis karena tidak boleh terlihat oleh lawan jenis kemudian seluruh pintu masuk berada di belakang, bukan dari depan.

Informasi lanjutan yang disampaikan oleh konsultan arsitektur design dan interior tersebut mengenai bagaimana proses penanganan air limbah di pondok pesantren tersebut yaitu kamar mandi menggunakan sistem komunal, begitu juga dengan air wudhu yang ditampung di wadah besar. Serta air limbah tidak di proses kembali dan hanya diresapkan ke tanah, karena kurangnya tempat/lahan untuk memproses serta di daerah Indonesia yang merupakan daerah tropis cukup mudah untuk mendapatkan akses air.

source
https://unair.ac.id