April 23, 2024

Surabaya, 27 Juli 2023 – Sebanyak 3 mahasiswa dari Asia University, Taiwan, melakukan kunjungan ke Apple Developer Academy yang bertempatan di Universitas Ciputra, Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk dapat mengenal serta mempelajari lebih dalam ekosistem dari perkembangan teknologi di ekosistem Apple yang terus berkembang setiap tahunnya.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa dari Asia University di dampingi oleh satu Dosen Sistem Informasi, dua mahasiswa Duta FST Unair, dan juga Mahasiswa S1 Sistem Informasi sejumlah 21 orang. Dalam kegiatan, pihak Apple menghadirkan satu narasumber dari Operasional Manager Apple Academy, Bapak Andy. Narasumber memberikan materi tentang sejarah awal berdirinya Apple Academy di Indonesia yang merupakan Academy kedua pertama yang dibuka di Indonesia setelah Brazil pada tahun 2013. Bapak Andy menjelaskan, tujuan dari berdirinya Academy ini adalah memberikan pelatihan dan juga pengetahuan bagi para entrepreneurs, designers dan developers untuk mencari dan membuat pekerjaan seputar aplikasi iOS.

Akademi ini menawarkan program internship selama 10 bulan yang memberi kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk dapat mengembangkan sebuah aplikasi di sistem iOS milik Apple. Biasanya apple akan memulai kegiatan internship pada bulan februari hingga akhir desember. Bersama dengan sebuah tim, para internship bisa mengembangkan passion dan ketertarikan yang mereka miliki dalam bentuk sebuah aplikasi. Bagi internship atau anak Informatics atau IT, mereka juga akan mendapatkan kesempatan belajar tidak hanya sebagai seorang coder atau programmer, tapi juga sebagai seorang developer yang nantinya terbagi menjadi 3 bagian, yaitu domain expert, design expert, dan juga IT expert.

Ketika mengikuti kegiatan internship, ataupun menjadi staff dan juga tamu yang berkunjung, Apple Academy akan memberikan kesempatan untuk menggunakan dan menikmati berbagai macam fasilitas. Terdapat main lab yang digunakan untuk working space dan juga meja tersendiri bagi setiap orang. Baik dari laboratorium komputer sampai ke lounge dengan kopi, semua ini tersedia bagi para calon developer akademi ini. Selain dari itu, Apple juga menyediakan para murid dengan perangkat terbaru mereka untuk membantu pengembangan aplikasi iOS. Maka dari itu, baik laptop MacBook dan juga iPhone model terbaru akan dibagikan kepada para murid Apple Developer Academy.

Dalam Kunjungan ini, Poin SDGs yang terkait ialah Poin SDGs ke-4 yaitu dalam Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. Selain itu terdapat juga Poin ke-9 yaitu Membangun infrastruktur yang tangguh, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi serta poin ke-17 dalam upaya menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan.

source
https://unair.ac.id