April 23, 2024

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki potensi luar biasa untuk terus maju dan berkembang. Dengan keberagaman budaya, alam, dan sumber daya manusia yang melimpah, Indonesia memiliki fondasi yang kuat untuk menuju arah yang lebih baik. Semangat “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” adalah panggilan untuk bersatu dan bekerja keras demi mencapai kemajuan yang berkelanjutan dalam berbagai aspek kehidupan nasional.

Salah satu kunci utama dalam mewujudkan visi “Indonesia Maju” adalah melalui pendidikan yang berkualitas. Generasi muda merupakan aset berharga bagi negara ini, dan investasi pada pendidikan adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik. Dengan memberikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas, Universitas Airlangga ke-69 Tahun akan membawa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan inovatif, siap menghadapi tantangan global.

Pengembangan teknologi dan inovasi juga merupakan pilar penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Dengan mendorong penelitian dan pengembangan di berbagai sektor, termasuk teknologi digital, energi terbarukan, dan pertanian modern, Indonesia dapat meningkatkan daya saingnya di tingkat global. Langkah ini juga akan membuka peluang baru bagi para wirausahawan muda untuk menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

Penting bagi pemerintah dan sektor swasta untuk bekerja sama dalam mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dukungan terhadap UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) serta sektor informal dapat mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan, sambil juga meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, pengembangan infrastruktur yang terintegrasi akan membuka akses ke wilayah-wilayah terpencil dan memberikan peluang ekonomi baru.

Upaya “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” juga harus sejalan dengan konservasi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Alam Indonesia yang kaya dan unik adalah aset penting yang harus dilestarikan untuk generasi mendatang. Pembangunan harus dilakukan dengan mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan serta keberlanjutan sumber daya alam. Dengan memprioritaskan energi terbarukan, pengelolaan air yang baik, dan perlindungan ekosistem, Indonesia dapat tumbuh secara ekonomi tanpa mengorbankan masa depannya.

source
https://unair.ac.id