April 23, 2024

Potret Dr. drg. Prihartini Widiyanti, S.Bio., M.Kes. melakukan penelitian metode pembuatan kantong silo

Seorang dosen program studi Teknik Biomedis Universitas Airlangga melakukan penelitian dan pengembangan mengenai metode pembuatan kantong silo sebagai penutup usus terburai pada kasus gastroschisis pada bayi baru lahir.

Dr. drg. Prihartini Widiyanti, S.Bio., M.Kes. atau yang kerap disapa bu yanti seorang dosen Teknik Biomedis tersebut menyampaikan bahwa permasalahan gastroschisis masih memprihatinkan dikarenakan minimnya akses untuk penyembuhan. Hal itu mendorongnya untuk meneliti dan mengembangkan produk untuk menangani kasus gastroschisis.

Selengkapnya bu yanti menuturkan bahwa produk penutup usus terburai untuk kasus gastroschisis telah ada di pasaran. Tetapi, produk yang diimpor dari Bogota itu tidak terdistribusi kembali dikarenakan produksinya telah lama terhenti.

Para peneliti memiliki impian besar untuk menciptakan penemuan yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang. Bu Yanti, seorang dosen yang juga aktif dalam penelitian di Institute of Tropical Disease (ITD) UNAIR, memiliki harapan besar agar inovasinya dapat memiliki dampak yang luas pada masyarakat.

“Bagi saya, menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama adalah hal yang sangat penting. Itu adalah tujuan utama saya. Oleh karena itu, saya berharap bahwa penemuan ini dapat segera didistribusikan dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat,” ungkapnya sebagai Dosen Teknik Biomedis Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR.

Terakhir, bu yanti berharap agar pengembangan inovasinya selalu mendapat dukungan penuh dari rekan-rekan sejawat, universitas, dan pemerintah Indonesia. Menurutnya, dengan dukungan yang kuat, karya-karya dari anak-anak bangsa memiliki peluang besar untuk bersaing di tingkat internasional.

Editor : Deden Cahya M

source
https://unair.ac.id