April 23, 2024

Presentasi Dwita tentang Deteksi Kanker Kulit

Mahasiswa Teknik Biomedis Angkatan 2019 berhasil menciptakan alat deteksi kanker kulit. Mahasiswa tersebut yaitu Dwita Rahmadini Hendri. Motivasi Dwita tersebut menciptakan alat deteksi kanker kulit tersebut didasari karena permasalahan kanker kulit di dunia, khususnya negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) yang memiliki keterbatasan tenaga medis spesialis kulit dan akses layanan kesehatan sehingga menyebabkan keterlambatan dalam diagnosis dan pengobatan. Maka dari itu, mereka menawarkan alternatif inovasi yang lebih terjangkau dan efektif untuk deteksi kanker kulit.

Pengumuman Nominasi Pemenang dalam VIMIRED 2023

Inovasi yang dibuat merupakan kombinasi tampilan antar muka (user interface) denganhardware berupa teknologi kamera smartphone yang tingkat akurasi sangat tinggi yaitu 91%.

Dalam ajang lomba Virtual Mini Research & Design Competition (VIMIRED) 2023 yang diselenggarakan oleh Global Professional Diploma dan The Innovator Generation Indonesia.

Dwita berharap dari inovasi yang dihasilkan memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas teknologi kesehatan. Serta, memberikan solusi bagi permasalahan di bidang kulit.

source
https://unair.ac.id