April 23, 2024

Annissa, peraih bantuan dana Erasmus untuk student exchange ke Romania

Perwira Annissa Dyah Permatasari atau lebih akrab dipanggil Annissa merupakan mahasiswi Sistem Informasi Universitas Airlangga yang terpilih sebagai salah satu peserta program pertukaran pelajar di Eropa. Annissa berhasil lolos dan mendapatkan bantuan pendanaan dari Erasmus+ untuk mengikuti program student exchange selama satu semester di Universitatea Lucian Blaga Din Sibiu, Romania. Sesuai dengan jurusannya di Unair, Annissa memperdalam pengetahuannya di bidang Sistem Informasi dengan mengambil Jurusan Informatics di Faculty of Sciences. Beberapa mata kuliah yang dijalaninya antara lain Web Technologies, Database Management Systems, Foreign Language (English) dan Optimization Techniques.

Universitatea Lucian Blaga Din Sibiu sendiri merupakan perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 1976 di Kota Sibiu dengan total sembilan fakultas. Universitas ini membuka peluang bagi mahasiswa luar negeri untuk mengambil studi dan tercatat total mahasiswa internasional sebanyak 426 orang (QS Topuniversities). Annissa merasa beruntung mendapat kesempatan meniti ilmu di Eropa. Hal ini bisa terwujud karena kerja sama yang telah tertuang dalam Memorandum of Agreement antara FST Universitas Airlangga dengan Faculty of Sciences, LBUS. Dengan adanya payung MoA inilah yang memungkinkan terlaksananya agenda kerja sama di bidang akademik, riset maupun student/staff mobility antar kedua belah pihak. Bahkan setiap tahun, para staf pengajar dari LBUS selalu melakukan kunjungan akademik ke FST Unair guna mengikuti program-program FST antara lain Guest Lecture, Conference, Joint Research dan Community Service.

Harapannya dengan semakin banyaknya kegiatan kerja sama dengan universitas-universitas di Eropa, maka akan semakin membuka peluang exchange program yang bisa diikuti oleh mahasiswa maupun dosen, sehingga hal ini akan memperkaya pengalaman serta wawasan mereka tentang atmosfer belajar mengajar serta budaya negara lain yang bisa dipelajari.

(Editor: Indah Rahmawati)

source
https://unair.ac.id