April 23, 2024

Dr. Zeev Bohbot mengikuti field study bersama mahasiswa dari KTH University dan mahasiswa Teknik Lingkungan Unair

Kamis (11/05/2023), Dr. Zeev Bohbot, salah satu Sneior Lecturer dari Department of Civil and Architectural Engineering, KTH Royal Instutite of Technology, Swedia melakukan kegiatan study field bersama mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan angkatan 2020 Universitas Airlangga. Kuliah lapangan ini dilaksanakan di Arboretum Sumber Brantas yang berlokasi di Kota Batu dan Bendungan Selorejo yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, yaitu di tanggal 9 Mei 2023, Dr. Bohbot juga diundang sebagai Guest lecturer di Prodi Lingkungan untuk mengisi kuliah tamu mengenai “Sustainability in a challenging time”. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerja sama antara Department of Civil and Architectural Engineering, KTH Royal Instutite of Technology dengan Prodi Teknik Lingkungan Universitas Airlangga.

Pada kegiatan kuliah lapangan ini, Dr. Bohbot beserta 83 orang mahasiswa Teknik Lingkungan terjun secara langsung untuk mempelajari proses konservasi alam di Arboretum Sumber Brantas. Dalam pelaksanaan kuliah lapangan ini, Dr. Bohbot juga berbagi pengalaman serta pengetahuannya mengenai program konservasi alam dan pengolahan air yang ada di negaranya dengan teknologi yang telah dimiliki oleh Negara Swedia. Dari keterangan dan penjelasan yang diterima, mahasiswa bisa memperoleh wawasan tentang bagaimana proses pengolahan air dan konservasi alam yang ada di negara maju serta apa saja kendala yang dihadapi oleh Indonesia dalam proses pengolahan air dan pelestarian alam. Harapannya dengan adanya kegiatan kuliah lapangan ini ada semacam transfer knowledge antara guest lecturer, peserta kuliah serta pihak stakeholders, dimana guest lecturer juga bisa belajar secara langsung tentang pengolahan air serta upaya pelestarian alam di Indonesia serta bisa berbagi tips dan masukan kepada pihak pengelola terutama teknologi apa saja yang bisa diterapkan dalam pengolahan air dan upaya pelestarian lingkungan yang telah berhasil dilakukan di negaranya.

(Editor: Indah Rahmawati)

The post STUDY FIELD, WUJUD KERJA SAMA ANTARA FST UNAIR DAN KTH ROYAL INSTITUTE OF TECHNOLOGY, SWEDIA appeared first on Fakultas Sains dan Teknologi.

source
https://unair.ac.id