April 23, 2024

Dalam langkah besar menuju pembangunan berkelanjutan dan kolaborasi internasional, Universitas Airlangga (Unair) dari Fakultas Sain dan Teknologi dengan total mahasiswa sebanyak 25 orang bekerja sama dengan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) sejumlah 14 orang mahasiswa dalam mendukung kolaborasi yang sejalan dengan Poin SDGs

Pada Jumat, 3 November 2023, sekelompok mahasiswa menjelajahi Kebun Raya Purwodadi, mengeksplorasi bagaimana pengelolaan dan dampak climate change di daerah tersebut. Dalam perjalanan ke Kebun Raya Purwodadi, para mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan alam, memperdalam pemahaman mereka tentang keanekaragaman hayati, dan menyaksikan dampak perubahan iklim pada flora dan fauna setempat.

Kegiatan berlanjut pada Rabu, 8 November 2023 untuk dapat mengambil peran global ketika 14 mahasiswa UMT dan 25 mahasiswa Unair bersama untuk melakukan program Pengembangan Masyarakat Internasional. Inisiatif ini bertujuan dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), berkontribusi pada masa depan di mana kesadaran lingkungan dan kerja sama internasional membuka jalan menuju dunia yang lebih tangguh dan inklusif. Dengan adanya kegiatan Pengembangan Masyarakat Internasional, kolaborasi antara UMT dan Unair menjadi semakin nyata. Dengan melibatkan 14 mahasiswa UMT dan 25 mahasiswa Unair, program ini tidak hanya memperluas jangkauan perspektif, tetapi juga menciptakan peluang berharga untuk pertukaran budaya dan peningkatan kapasitas melalui diskusi dan proyek bersama.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pemahaman masalah, tetapi juga mendorong partisipasi aktif dalam mencari solusi berkelanjutan. Inisiatif ini merupakan langkah nyata menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di ASEAN, menciptakan jejaring kolaboratif yang memadukan pengetahuan dan pengalaman dari berbagai latar belakang. Dengan demikian, perjalanan ini tidak hanya menjadi acara akademis biasa, tetapi juga peluang untuk menciptakan dampak positif yang mendalam pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Kegiatan kolaborasi antara Universitas Airlangga (Unair) dan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) di bidang Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) memberikan manfaat yang signifikan.

Dengan melibatkan kolaborasi mahasiswa Unair dan mahasiswa UMT, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang dampak perubahan iklim melalui kunjungan ke Kebun Raya Purwodadi, tetapi juga memperluas perspektif melalui program Pengembangan Masyarakat Internasional. Melalui inisiatif ini juga mendukung pertukaran budaya dan peningkatan kapasitas melalui diskusi dan proyek bersama. Keterlibatan aktif dalam mencari solusi berkelanjutan menciptakan langkah nyata menuju pembangunan inklusif di ASEAN. Selain itu, kolaborasi ini membentuk jejaring kolaboratif yang menggabungkan pengetahuan dan pengalaman dari berbagai latar belakang, menciptakan peluang berharga untuk pertumbuhan positif dalam masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya menjadi acara akademis, tetapi juga merupakan peluang untuk menciptakan dampak positif yang mendalam pada tingkat lokal dan global.

source
https://unair.ac.id