April 23, 2024

Kedatangan Prof. Fugo Takasu di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair Rabu, 28 November 2023 lalu adalah tindak lanjut kerja sama akademik antara Nara Women’s University dan Universitas Airlangga. Pada kunjungan ini, Prof. Takasu diundang sebagai pembicara di kuliah tamu Departemen Matematika dengan topic “Spatial Population Dynamics as Point Process”. Kuliah tamu yang dilaksanakan di Ruang Sidang FST ini dihadiri oleh 40 orang, termasuk dua dosen dan 38 mahasiswa program sarjana dan magister FST.

Prof. Fugo Takasu membahas bagaimana kelahiran, kematian, pergerakan, dan perubahan status berbasis individu dapat diterjemahkan ke dalam sistem yang dinamis. Dalam sistem dinamis, kelahiran, kematian, pergerakan, dan perubahan keadaan berbasis individu mengacu pada proses dinamis yang melibatkan entitas (individu) yang berkembang seiring waktu. Dalam sistem dinamis, munculnya entitas baru (kelahiran) serupa dengan masuknya elemen baru ke dalam sistem, peristiwa kelahiran berkontribusi terhadap pertumbuhan yang dinamis dan evolusi sistem dari waktu ke waktu. Peristiwa kematian dalam sistem dinamis mewakili penghapusan atau penghentian suatu entitas dari system. Kematian mempengaruhi seluruh populasi atau komposisi sistem dan berkontribusi terhadap sifat dinamisnya. Perubahan keadaan mengacu pada perubahan karakteristik atau kondisi individu dalam sistem. Perubahan ini dapat mencakup perubahan pada kesehatan, pekerjaan, atau atribut terkait lainnya, yang berdampak pada kondisi sistem. Sistem dinamis memodelkan evolusi keadaan suatu sistem dari waktu ke waktu, menangkap perubahan pada entitas individu melalui persamaan diferensial atau transisi diskrit. Sedangkan, peristiwa kelahiran dan kematian direpresentasikan sebagai perubahan dalam populasi yang mempengaruhi ukuran dan struktur system. Pergerakan diterjemahkan ke dalam dinamika spasial di mana entitas bergerak dalam sistem sesuai dengan aturan atau kekuatan yang ditentukan.  Perubahan keadaan juga diintegrasikan sebagai modifikasi terhadap atribut atau variabel yang menjadi ciri setiap entitas.

Selain memberikan kuliah mengenai pemodelan, Prof. Fugo juga mengenalkan sejarah berdirinya Nara Women’s University (NWU), kehidupan di kampus, serta program-program yang ada di NWU. Harapannya dengan kegiatan academic collaboration ini akan semakin memperkuat jalinan kerja sama antar kedua institusi di masa-masa yang akan dating.

source
https://unair.ac.id