April 23, 2024

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga Bersama dengan Duta FST Unair berhasil menggelar program GLACIAL (Global Citizenship Conference of Airlangga) dan Banyuwangi International Community Services (BICS) pada Bulan September 2023. Acara pembukaan GLACIAL diselenggarakan pada Senin (4/9/2023) di Auditorium Ternate, ASEEC Tower, Kampus-B Universitas Airlangga.

Program ini sukses menarik perhatian sejumlah mahasiswa internasional dari Malaysia, termasuk Universiti Malaya, Management and Science University, dan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Muhammad Hafizh Athari selaku ketua panitia, menyampaikan sambutan pada pembukaan GLACIAL. Ia menyoroti sejumlah tantangan global yang dihadapi generasi muda, seperti polusi di Jakarta, isu imigran, dan konflik Ukraina-Rusia. Adanya program ini mengajak mahasiswa dan generasi muda untuk aktif terlibat dalam menanggapi isu-isu global saat ini.Selain itu juga, Prof Dr Fatmawati MSi, Wakil Dekan III FST UNAIR, juga menekankan pentingnya peran mahasiswa sebagai generasi penerus dalam menghadapi tantangan global, terutama di era normal baru. Ia menyoroti pentingnya mencapai sustainable development goals (SDGs), khususnya dalam mengakhiri kemiskinan. Melalui GLACIAL, Prof Fatmawati berharap agar mahasiswa memiliki kesadaran lebih untuk mengatasi masalah global. Ia juga berharap acara ini dapat mendukung internasionalisasi dan mempromosikan aktivitas akademik dan komunitas di UNAIR.

Setelah acara pembukaan GLACIAL, para mahasiswa yang turut serta dalam program ini memasuki fase serangkaian kegiatan yang melibatkan mereka dalam pengalaman pembelajaran yang mendalam. Kegiatan ini mencakup rangkaian short course yang dirancang untuk memberikan wawasan mendalam tentang isu-isu global, tur kampus yang memungkinkan mereka menjelajahi fasilitas dan lingkungan kampus Universitas Airlangga, serta kunjungan istimewa ke Kampung Jambangan. Dalam kunjungan ke Kampung Jambangan, para mahasiswa tidak hanya menjadi saksi langsung dari kearifan lokal masyarakat setempat, tetapi juga terlibat dalam berbagai kegiatan pemberdayaan dan cara pengolahan sampah agar menjadi barang bernilai.

Selain itu, rangkaian kegiatan tersebut juga mencakup berbagai program yang berlangsung di Banyuwangi hingga tanggal 10 mulai dari short course, kunjungan ke Desa Osing hingga menikmati beberapa keindahan alam di Bangsring Underwater. Aktivitas ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman yang memungkinkan mereka untuk terlibat secara langsung dengan komunitas lokal, mendalami kekayaan budaya dan alam daerah tersebut, serta berkontribusi positif dalam proyek-proyek kemanusiaan dan lingkungan yang berlangsung di Banyuwangi. Dengan demikian, para peserta GLACIAL tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademis, tetapi juga berkomitmen untuk dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

source
https://unair.ac.id