April 22, 2024

Proses Kuliah Lapangan Bermuatan SDGs

Beberapa waktu lalu yaitu Rabu 10 Mei 2023, mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Airlangga melakukan kunjungan ke Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) Keputih, Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan mata kuliah bermuatan program SDGs di Prodi Teknik Lingkungan terutama yang mengacu pada poin SDGs 6.

Di kunjungan ini, pembicara dari IPLT keputih menjelaskan tentang unit pengolahan limbah tinja yang terdiri dari Solid Separation Chamber, Balancing Tank, Oxidation Ditch, Clarifier, Sludge Drying Bed dan Sludge Drying Area. Limbah tinja ini nantinya akan dikumpulkan dan disaring menggunakan pasir serta kerikil. Lalu, limbah tersebut akan diseimbangkan untuk meredam fluktuasi tinggi dan didegradasi dengan menggunakan mikroorganisme aerobic.

Limbah tinja yang sudang dikeringkan akan dimanfaatkan menjadi pupuk kompos dan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Foto bersama mahasiswa

Dari kegiatan kunjungan ini, mahasiswa dapat belajar secara langsung mengenai pengolahan limbah tinja yang ternyata memiliki manfaat cukup besar dalam membantu kualitas lingkungan yaitu sebagai pupuk yang bisa digunakan untuk merawat tanaman serta air sisa buangan tinja yang mengalami proses pembersihan secara fisika dan kimia untuk kemudian dibuang lagi ke aliran sungai tanpa mencemari sungai. Harapannya dengan banyaknya mata kuliah yang mengusung program SDGs seperti ini, mahasiswa bisa turun langsung mengamati dan mempraktikkan ilmu yang didapatkan secara teoretis untuk lebih mendukung program-program lainnya yang berwawasan lingkungan.

source
https://unair.ac.id