April 23, 2024

Pada tanggal 1-6 November 2023, mahasiswa Fisika Devi Ratna Sari berpartisipasi dalam Youth Innovation Summit 2023 “SDGs Project Pitch Competition” yang diselenggarakan di Malaysia, Singapore, dan Thailand. Kegiatan dimulai dengan Campus Tour di National University of Singapore (NUS) untuk memahami pentingnya pendidikan tinggi dalam mencapai SDG 4 (Pendidikan Berkualitas). Lalu kegiatan selanjutnya berupa Heritage Tour di Singapura dan Malaysia mengeksplorasi warisan budaya dan sejarah kawasan tersebut, berkontribusi pada pemahaman pentingnya pelestarian budaya dalam mencapai SDG 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan).

Kegiatan berlanjut dengan International Seminar di International Islamic University Malaysia (IIUM) membahas tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan memperkenalkan peran Sejahtera Centre for Sustainable and Humanity (SC4SH) dalam mewujudkannya. Campus Tour di International Islamic University Malaysia (IIUM) memberikan perspektif unik tentang integrasi keberagaman budaya dan nilai-nilai Islam dalam kehidupan kampus, sementara Heritage Tour di Hatyai, Thailand, menyoroti kekayaan budaya dan sejarah daerah tersebut, mendukung SDG 11 (Kota dan Komunitas Berkelanjutan). Dalam kegiatan tersebut, Puncak acara adalah SDGs Project Pitch Competition, di mana kelompok peserta mempresentasikan ide proyek mereka dan Devi Ratna Sari berhasil meraih 3rd Place Winner dalam ajang kegiatan tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini merupakan bukti bahwa partisipasi dalam YIS 2023 memberikan pemahaman mendalam tentang SDGs dan mengilustrasikan bagaimana proyek inovatif dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan ini. Harapan kedepannya adalah ide-ide unik dari setiap peserta dapat diimplementasikan secara nyata sehingga dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan di Indonesia, sejalan dengan visi SDGs secara luas.

source
https://unair.ac.id