April 23, 2024

Mahasiswa Duta dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sedang menjalani student outbound di Mahidol University, Thailand, untuk mendalami pengalaman lintas budaya dan ilmu pengetahuan. Pada hari kedua, tanggal 14 November 2023, mereka memiliki agenda yang menggiurkan.   

Acara dimulai dengan kegiatan “Introduction to Study Visit” yang menyoroti tema “Sustainable urban space and transport infrastructure survey.” Acara ini dipimpin oleh Asst. Prof. Dr. Somsiri Siewwuttanagul dari Divisi Logistics and Rail Engineering, Faculty of Engineering di Mahidol University. Dalam acara tersebut, mahasiswa diperkenalkan pada konsep-konsep penting mengenai ruang perkotaan yang berkelanjutan serta infrastruktur transportasi.

Agenda ini tidak hanya menawarkan wawasan yang berharga tetapi juga mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yang fokus pada pendidikan berkualitas. Kegiatan ini memberikan pengetahuan praktis kepada mahasiswa tentang bagaimana membangun ruang perkotaan yang berkelanjutan dan infrastruktur transportasi yang ramah lingkungan.

Setelah sesi pengenalan, para mahasiswa melanjutkan perjalanan mereka dengan menaiki bus kampus dan berjalan kaki sesuai dengan kebiasaan lokal. Melalui pengalaman ini, mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga mempraktikkan langsung cara hidup dan transportasi yang berkelanjutan yang menjadi kebiasaan di sana.

Kegiatan harian ini menjadi titik awal yang menarik bagi para mahasiswa dalam memahami implementasi konsep-konsep keberlanjutan dalam ruang perkotaan dan transportasi. Selain memperluas wawasan mereka, pengalaman ini juga memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya praktek nyata dalam mendukung lingkungan yang lebih baik sesuai dengan tujuan global untuk mencapai pendidikan berkualitas.

source
https://unair.ac.id