April 23, 2024

Pada Jumat (10/06/2023), delegasi dari Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat yaitu Taufikul Hadi, S.T., M.Eng selaku Dekan Fakultas Teknik serta Didin Septa Rahmadi, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Prodi Sosiologi melakukan kunjungan kerja sama ke FST Unair. Kunjungan ini diterima oleh Dr. Eko Prasetyo Kuncoro, S.T., DEA. selaku koordinator program studi, Dr. Nurina Fitriani, S.T. sebagai faculty ambassador dan Prof. Dr. Fatmawati, M.Si. selaku Wakil Dekan III FST. Dalam pertemuan ini, pihak UNU NTB menyampaikan bahwa pertemuan ini dilakukan guna membahas perpanjangan MoA antara Fakultas Teknik UNU NTB dengan Fakultas Sains dan Teknologi Unair.

Bentuk kerja sama yg diajukan adalah pengembangan jurnal ilmiah, riset bersama dan kegiatan pengmas. Bapak Taufikul hadi menyampaikan bahwa untuk saat ini, isu topik riset yang sedang trending di NTB adl mengenai pengembangan proyek sirkuit Mandalika yg berkaitan dg aspek lingkungan hidup. Selain itu, pihak UNU NTB juga meminta bantuan pendampingan dan manajemen pengembangan jurnal karena saat ini di Fakultas Teknik UNU NTB baru ada satu jurnal yang belum terindeks SINTA. Sehingga harapannya, kerja sama di lingkup pengembangan jurnal ilmiah nantinya bisa mengawal jurnal yang ada di Fakultas Teknik agar bisa tempus SINTA dan bisa terindeks scopus.

Selain kerja sama di bidang jurnal ilmiah, Prof. Fatmawati juga mengusulkan selain kegiatan MBKM, kerja sama juga bisa dilakukan untuk kegiatan pengabdian masyarakat. Usulan ini disambut hangat oleh pihak UNU NTB yang menyatakan bahwa di NTB banyak timbunan sampah yang belum dikelola secara maksimal dan ini juga menjadi tantangan bagi UNU NTB yang secara khusus diminta oleh Pemerintah Daerah untuk mengatasi masalah sampah dengan inovasi teknologi yang ramah lingkungan.

source
https://unair.ac.id