April 23, 2024

Para duta dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan student outbound ke Mahidol University, Thailand, untuk memperdalam pengetahuan lintas budaya dan ilmu pengetahuan. Pada tanggal 16 November 2023, para peserta terlibat dalam kunjungan penting ke Mahidol University Kanchanaburi Campus (MUKA), mengeksplorasi berbagai destinasi yang bermakna. Tur dimulai dengan mengunjungi Digital Herbarium/Geoscience Museum, di mana para peserta memiliki kesempatan belajar tentang obat-obatan herbal dan memahami penemuan batuan geosains dalam format digital yang inovatif. Mereka juga melanjutkan perjalanan ke Thamkra Sae Cave & the Death Railway, mengalami pengalaman berharga menjelajahi tempat bersejarah serta menaiki kereta lama di Thailand.

Pada saat makan siang dan makan malam, Mahidol University memberikan layanan penuh keramahan, memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertukar informasi dan berinteraksi dalam suasana yang santai. Kegiatan ini disusun dengan tujuan mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, fokus pada pendidikan berkualitas. Sementara memberikan pemahaman mendalam tentang alam dan sejarah, kegiatan ini juga memberikan kontribusi berharga dalam pengalaman belajar.

Pada tanggal 17 November 2023, studi visit berlanjut di Mahidol University Kanchanaburi Campus (MUKA) dengan program yang menarik. Para peserta diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan bird watching yang dipandu oleh Conservation Biology Department. Aktivitas ini tidak hanya memberikan kesempatan unik dalam mengamati keanekaragaman hayati, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan. Selanjutnya, tur dilanjutkan ke Hydroelectric Power Plant, sebuah waduk yang berperan penting dalam penyediaan energi listrik di Thailand. Seperti sebelumnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung pencapaian SDGs nomor 4, mempromosikan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan.

Kunjungan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan para peserta, tetapi juga memperluas wawasan mereka tentang lingkungan dan sejarah yang penting. Ini adalah contoh nyata dari komitmen Mahidol University dalam memajukan pendidikan yang holistik dan sesuai dengan tujuan global SDGs. Turut hadirnya para duta FST UNAIR dalam acara ini menjadi bukti nyata dari kerjasama internasional yang terus berkembang.

source
https://unair.ac.id